Pengertian Bauran Produk (Product Mix) dan Lini Produk (Product Line)

Dalam bisnis, terutama yang bergerak di bidang produksi dan penjualan barang atau jasa, istilah-istilah seperti "bauran produk" dan "lini produk" sering digunakan. Keduanya adalah bagian penting dari strategi pemasaran dan perencanaan produk, tetapi mempunyai definisi dan fungsi yang berbeda serta saling berkaitan satu sama lain.

Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian dari bauran produk dan lini produk, serta perbedaan dan jenis-jenisnya.

Pengertian Bauran Produk (Product Mix)

Bauran produk, atau juga dikenal sebagai portofolio produk atau asortimen produk, adalah totalitas semua produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan kepada para konsumennya. Dalam kata lain, jika Anda mempertimbangkan semua barang dan jasa yang dijual oleh suatu perusahaan sebagai kumpulan, itu adalah bauran produk mereka.

Bauran produk bisa sederhana atau kompleks tergantung pada perusahaan. Sebuah perusahaan dapat memiliki bauran produk yang luas, mulai dari produk fisik hingga layanan, dari barang konsumsi hingga barang industri.

Mengetahui dan mengelola bauran produk sangat penting bagi perusahaan. Analisis bauran produk dapat membantu perusahaan memahami produk mana yang mendapatkan keuntungan paling besar, produk mana yang perlu ditingkatkan atau ditarik dari pasaran, dan produk apa yang mungkin perlu ditambahkan ke dalam bauran.

Pengertian Lini Produk (Product Line)

Lini produk, di sisi lain, adalah kumpulan produk yang berhubungan erat, baik fungsional maupun untuk segmen pasar yang ditargetkan, yang biasanya juga berada dalam kisaran harga yang sama. Mereka sering dibuat dan dipasarkan bersama, dengan merancang dan memproduksi setiap item dalam lini produk untuk melengkapi yang lainnya.

Contoh sederhana dari lini produk bisa seperti berbagai varian produk dari merek pasta gigi tertentu. Setiap pasta gigi bisa menawarkan manfaat yang berbeda (pemutih, perlindungan gigi, perlindungan gusi, dan lainnya) tetapi semuanya dirancang untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi, yang berarti mereka berada dalam satu lini produk yang sama.

Manajemen lini produk berkaitan dengan strategi dan taktik yang digunakan untuk mengembangkan dan mempromosikan produk dalam satu lini.

Perbedaan Antara Bauran Produk dan Lini Produk

Perbedaan utama antara bauran produk dan lini produk terletak pada ruang lingkup dan kedekatannya. Bauran produk merujuk pada keseluruhan produk atau layanan yang ditawarkan oleh suatu perusahaan, sedangkan lini produk adalah kumpulan produk yang berhubungan erat dalam suatu bauran produk.

Kesimpulan

Baik bauran produk maupun lini produk memiliki peranan penting dalam menentukan strategi bisnis dan pemasaran perusahaan. Bauran produk mempengaruhi penentuan sasaran pasar, merencanakan strategi harga, dan membantu di bidang promosi dan penempatan produk.

Sementara lini produk membantu dalam pengembangan produk, strategi penentuan harga, dan promosi produk yang lebih spesifik. Dengan memahami serta dapat mengelola keduanya dengan baik, perusahaan dapat meningkatkan penjualan dan pertumbuhan bisnisnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak